CALL : 081281433838, WA 08999 021 345

Connect with us:

CLUSTER CITRA RAYA

  • Cluster GRANADA
  • Tipe ZAFFIRO Lb 69/Lt 96
  • Tipe VERNICE 1 Lb 94/Lt 112
  • Tipe VERNICE 2 Lb 94/Lt 140

Advertisement

Blog Post

Pembangunan Stasiun Kereta Api (KA) Maja di Kabupaten Lebak Banten


Pembangunan Stasiun Kereta Api (KA) Maja di Kabupaten Lebak Banten

Penambahan Real Ganda Stasiun Maja

RANGKASBITUNG, (KB).-
Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sekaligus mengatasi kepadatan arus lalu lintas darat, pembangunan Stasiun Kereta Api(KA) Maja di Kabupaten Lebak, Banten, dimulai. Rabu (25/6/2014), Direktur Jenderal (Dirjen) Perkeretaan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Hermanto Dwitantoko, didamping Plt Gubernur Banten, H. Rano Karno, dan Bupati Lebak, Hj. Iti Oktavia, meresmikan rencana pembangunan Stasiun Maja yang ditandai dengan peletakan batu pertama di halaman Stasiun Maja. Ground breaking ini menandai dimulainya pelaksanaan pembangunan atau renovasi Stasiun Maja dengan kontrak dua tahun (2014-2015). Pembangunan Stasiun Maja sebagai sarana penunjang KA double track atau jalur ganda ini guna memenuhi kebutuhan masyarakat akan jasa transportasi KA di Provinsi Banten, serta untuk mengurangi kepadatan lalu-lintas, ujar Hermanto.

Dia menjelaskan, pemerintah melalui Ditjen Perkeretaapian Kemenhub pada tahun 2008 telah membangun jalur ganda KA Serpong-Parungpanjang-Maja dan telah diresmikan oleh Menteri Pehubungan pada (20/4/2013). Sedangkan jalur ganda KA antara Parungpanjang-Maja sepanjang 20,97 KM saat ini sedang dilaksanakan penyelesaian dan dilaksanakan pengoperasiannya pada awal 2015, ujarnya. Ia menyebutkan, pembangunan jalur ganda adalah upaya yang dlakukan pemerintah untuk meningkatkan peran transportasi kereta api sebagai solusi untuk mengatasi kemacetan di wilayah Jabotabek khususnya di wilayah Banten. Pelaksanaan pembangunan Stasiun Maja dengan kontrak tahun jamak yaitu dilaksanakan pada TA 2014 sampai dengan TA 2015, untuk lingkup pekerjaan pada TA 2014 meliputi pekerjaan struktur bawah peron dan sebagian struktur atas dan TA 2015 meliputi pekerjaan pada struktur atas, bangunan penghubung, pekerjaan arsitektur untuk lantai satu dan dua serta pekerjaan mekanikal dan eletrikal beserta pekerjaan sarana luar.

Sedangkan untuk pekerjaan pembangunan Stasiun KA Maja, kata dia, meliputi bangunan lantai bawah seluas 1.612 m2, lantai atas seluas 2.343 m2. Pada lantai bawah terdiri dari bangunan peron tinggi sepanjang 200 mm, areal parkir roda dua dan empat, untuk lantai atas untuk pelayanan umum seperti lobby, ticketing, kios, mushala, toilet dan fasilitas lift untuk penyandang cacat. Dirjen mengatakan, pendanaan pada pembangunan Stasiun Maja bersumber dari dana APBN TA 2014 sebesar Rp 9,4 miliar dan TA 2015 sebesar Rp 13,1 miliar sehingga total pembangunan Ptasiun Maja mencapai Rp 22,5 miliar. Menurut dia, moda transportasi kereta api merupakan solusi tepat untuk angkutan umum yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat akan kebutuhan angkutan umum, sehingga dapat mengurangi kepadatan yang terjadi di jalan raya yang diakibatkan banyaknya pengguna kendaraan bermotor milik pribadi. Selain itu, transportasi kereta api mempunyai sejumlah keunggulan dalam hal kecepatan, ketepatan waktu tempuh, mempunyai kapasitas angkut yang sangat besar baik untuk angkutan orang maupun barang. Kereta api juga merupakan moda transportasi yang aman mempunyai tingkat keselamatan yang tinggi, penggunaan bahan bakar yang lebih efisien dibandingkan moda transportasi darat dan hemat dalam penggunaan ruang serta ramah lingkungan, katanya.

Tingkatkan perekonomian

Sementara itu Bupati Lebak Hj. Iti Oktavia, mengatakan, Pemkab Lebak prinsipnya menyambut baik pembangunan Stasiun KA Maja karena ini merupakan momentum baik untuk pembangunan Stasiun Maja dua tahun ke depan. Kami sangat menyambut baik pembangunan Stasiun KA Maja ini dan tentunya pembangunan stasiun ini akan berdampak positif pada peningkatan perekonomian masyarakat, katanya. Bupati menambahkan, dengan dilaksanakan pembangunan Stasiun Maja, diharapkan pembangunan jalur ganda ke arah Stasiun Rangkasbitung dapat dipercepat sehingga masyarakat pengguna angkutan KA dari stasiun besar Rangkasbitung lebih mudah menjangkau pelayanan KRL menuju ibu kota.

Sumber: www.kabar-banten.com/news/detail/19642

CITRA MAJA RAYA

script chat via web