CALL : 081281433838, WA 08999 021 345

Connect with us:

Advertisement

Blog Post

Ibu Kota Indonesia diusulkan pindah ke Maja Lebak Banten


Merdeka.com – Usul ini disampaikan Kepala Bidang Penanaman Modal Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Lebak, Banten, Agianto Ahmad Tahir di Rangkasbitung, Rabu (17/4). Menurut dia, Ibu Kota Negara Indonesia sebaiknya dipindah ke Kecamatan Maja, Lebak.

 Ibu Kota Indonesia diusulkan pindah ke Maja Lebak Banten

Ibu Kota Indonesia diusulkan pindah ke Maja Lebak Banten
Banjir Melanda Ibu Kota Jakarta Indonesia

“Saya kira Kecamatan Maja sangat strategis dijadikan sebagai alternatif Ibu Kota Negara RI, karena bebas dari ancaman bencana alam, seperti banjir, gempa tektonik dan tsunami karena tidak memiliki pantai,” kata dia kepada Antara.

Apalagi wilayah Kecamatan Lebak juga luas. Selama ini, dia melanjutkan, pemindahan Ibu Kota Negara RI masih sebatas wacana. Pemerintah juga belum serius mengkaji pusat pemerintahan tersebut.

Pemindahan Ibu Kota Negara ramai dibicarakan ketika banjir melanda Jakarta hingga Istana Presiden tergenang air akhir Januari lalu. Menurut dia, ada benarnya ibu kota dipindah ke daerah lain yang bebas dari ancaman bencana alam.

“Kami setuju pemindahan Ibu Kota Negara pindah ke Kecamatan Maja karena memiliki keunggulan dibandingkan Bogor, Bekasi, dan Karawang,” ujarnya.

Pertimbangannya, perjalanan Jakarta-Maja bisa ditempuh selama satu jam dengan jarak 60 kilometer. Selain itu, akses perjalanan juga mudah dilintasi angkutan darat, seperti kereta api maupun kendaraan umum.

Saat ini jalur ganda sudah dioperasikan melayani rute Maja-Jakarta. Begitu pula sarana jalan tol bisa menghubungkan BSD Serpong atau tol Merak-Balaraja. “Kami berharap Ibu Kota RI pindah ke Kecamatan Maja, Kabupaten Lebak,” katanya.

Di Maja, Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN) memiliki lahan seluas 5.250 hektare. Lahan seluas itu cocok digunakan sebagai pusat pemerintahan. Dengan pemindahan ibu kota ke sana, lanjut Agianto, persoalan kemacetan dan banjir di Jakarta bisa diselesaikan.

Selain itu, dari Maja, kepala negara bisa mudah berkomunikasi dengan menteri maupun instansi lain.”Kami menilai Kecamatan Maja sebagai lokasi pusat pemerintahan akan berdampak positif terhadap percepatan pembangunan di Lebak,” katanya.

Usulan itu didukung sejumlah aktivis Kabupaten Lebak. Misalnya aktivis kemahasiswaan. Mereka akan ikut mendorong jika kantor pusat pemerintahan pindah ke sana. “Kami minta pemerintah serius untuk memastikan pemindahan Ibu Kota RI ke Kecamatan Maja,” kata Bahtiar, aktivis mahasiswa.

script chat via web